Sejarah Ikalogama

sejarah-ikalogama

Sejarah IKALOGAMA

IKALOGAMA

Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada sampai dengan tahun 2015 telah meluluskan 434 alumni yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan adanya jumlah alumni yang besar secara kuantititas, diperlukan sebuah tali perikatan alumni untuk meningkatkan kualitas alumni melalui upgrade pengetahuan Alumni dan perencanaan perbaikan kurikulum pendidikan di Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran UGM. Salah satu kegiatan yang rutin diadakan dalam setiap agenda PIT POGI untuk menjalin tali perikatan alumni adalah adanya Temu Alumni.

Temu alumni, merupakan sebuah kegiatan rutin/tahunan yang diselenggarakan Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran UGM untuk membangun upaya penjaringan alumni dalam sebuah wadah ikatan kekerabatan lulusan. Melalui kegiatan ini, alumni dapat memperoleh pengetahuan kekinian tentang ilmu Obstetri dan Ginekologi sekaligus dapat memberikan sumbangsih pemikiran maupun dukungan untuk perkembangan pendidikan bagi kemajuan almamater.

Tujuan agenda temu alumni diantaranya adalah 1). Memperkuat ikatan silaturahmi, kekeluargaan dan kebersamaan antara segenap alumni Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. 2). Membangun jejaring sinergis antara alumni dengan almamater, alumni dengan alumni dan alumni dengan masyarakat bangsa dan negara. 3). Membangun database alumni (update) 1 tahun sekali. 4). Meningkatkan pengetahuan dan update informasi bagi para alumni tentang perkembangan pengetahuan Obstetri dan Ginekologi. 5). Untuk meningkatkan pengabdian alumni kepada almamater

Melihat pentingnya kegiatan temu alumni untuk pengembangan profesionalisme lulusan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran UGM, maka diperlukan suatu organisasi resmi yang dapat menaungi perikatan antar alumni tersebut. Sehingga dibentuk perkumpulan yang dinamakan IKALOGAMA, Ikatan Alumni Obsgin Universitas Gadjah Mada.

IKALOGAMA merupakan suatu  organisasi yang dibentuk untuk  menghimpun dokter spesialis obstetrik dan ginekologi lulusan UGM di seluruh indonesia. Organisasi ini secara resmi diakui keberadaannya sejak tahun 2001 dengan dibuatnya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga oleh Pengurus yang pada saat itu diketuai oleh dr Burham Warsito, SpOG(K).

IKALOGMA dipandang perlu untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan diantara para dokter spesialis tersebut beserta keluarga alumni. Tentu saja pembentukan organisasi ini selaras dengan organisasi-organisasi profesi para dokter, serta dapat menunjang peningkatan profesionalisme dan pelayanan terhadap masyarakat luas, untuk mencapai masyarakat yang sehat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Tujuan utama pembentukan IKALOGAMA adalah untuk menghimpun seluruh dokter spesialis Obsgin alumni FK UGM/RSUP Dr. Sardjito, sehingga dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menunjang peningkatan profesionalisme para anggotanya dengan dilandasi oleh semangat Persaudaraan dan Kekeluargaan.

Pada tanggal 28 Agustus 2014 di Hotel Inna Sindu Bali pada saat Penyelenggaraan PIT POGI XVI di Bali, para dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obsgin) yang tergabung sebagai alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM), RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Ikatan Alumni Obstetri dan Ginekologi FK UGM (IKALOGAMA) dikukuhkan kembali dengan AD/ART dan susunan kepengurusan yang baru.

IKALOGAMA setiap tahunnya membahas banyak hal yang berkaitan dengan Alumni Obsgin UGM, terutama yang berkaitan dengan perbaikan mutu pendidikan di centre UGM. Diharapkan melalui organisasi ini para alumni dapat memberikan masukan terhadap sistem pendidikan di centre UGM, khususnya di Bagian Obsgin FK UGM. Masukan dari para alumni ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan lulusan Obsgin FK UGM tepat guna, dapat diterima dikalangan masyarakat nasional, maupun internasional. Banyak hal yang harus dikerjakan oleh seorang Dokter Spesialis Obstetrik dan Ginekologi yang mungkin terluput dari teori yang didapat dibangku kuliah, diharapkan melalui IKALOGAMA, perbaikan mutu dapat dilakukan secara berkesinambungan.

Diharapkan IKALOGAMA kedepannya dapat menjadi organisasi yang profesional dan bermanfaat bagi seluruh alumni, keluarga besar Obsgin UGM. Untuk menjalankan organisasi IKALOGAMA sumber dana dihimpun dari uang iuran keanggotaan, uang donator dari anggota atau pihak lain dan usaha-usaha lain yang sah. Adapun kepengurusan yang baru hasil Temu Alumni PIT POGI XVI di Bali telah di sepakati sebagai berikut :

  1.        Badan Legistatif     : Rapat umum Anggota
  2.        Badan Penasehat   : Professor/ Guru Bear/ Kepala Bagian ex. Officio
  3.        Ketua                           : Ketua Program Studi
  4.        Wakil Ketua             : Sekretaris Program Studi
  5.        Sekretaris                  : dr. Shinta Prawitasari, SpOG(K)

                                         Winanti Praptiningsih

  1.         Bendahara : dr. Nuring Pangastuti, SpOG(K)

                                         Munjayati

  1.        Seksi-seksi               :

-          Seksi Ilmiah: dr. Edi Patmini, SpOG

-          Seksi Kerjasama & Usaha: dr. Muh. Nurhadi Rahman, SpOG

-          Seksi Seksi Pengabdian Kepada Masyarakat: dr. Eugenius Phyowai Ganap, SpOG

-          Seksi Informasi dan Pelacakan Alumni: dr. Addin Trirahmanto, SpOG, Widodo